Laporan wartawan sorotnews.co.id : Irpan Sofyan.
JAKARTA – Pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa pemerintah telah menetapkan libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 H pada 2 dan 3 Mei 2022. Sedangkan cuti bersama Idul Fitri ditetapkan pada 29 April dan 4 hingga 6 Mei 2022.
Pantauan wartawan sorotnews.co.id, di Terminal Kalideres Jakarta Barat pada hari pertama Lebaran Idul Fitri terlihat kondusif dan terlihat lonjakan pemudiknya jauh menurun, Selasa (2/5/2022).
Menurut Kepala Terminal Bus Kalideres, Revi Zulkarnain, ketika puncak arus mudik, jumlah pemberangkatan mencapai 4.172 penumpang. Suasana puncak arus mudik pun, kata Revi, sudah terlewati.
“Pada H-1 situasi pemudik di Terminal Kalideres sudah jauh menurun, berbeda dengan H-3, itu jumlah penumpang yang berangkat mencapai 4.172 orang, dengan armada bus reguler yang diberangkatkan sebanyak 253 bus dan 39 bus bantuan,” ungkap Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain di Jakarta, Minggu (1/5/2022), seperti dilansir Antara.
Namun menurunnya lonjakan pemudik bukan berarti profesionalisme pelayanan setiap loket yang berada di dalam terminal juga ikut menurun.
Seperti yang dialami oleh sorotnews.co.id ketika akan berangkat mudik dari hari Lebaran pertama menerima perlakuan yang terkesan tidak profesional oleh petugas penjualan tiket PO Sinar Jaya di dalam terminal. Ketika akan dikonfirmasi terkait Bus pemberangkatan ke arah Wonosobo terlihat dicuekin. Padahal kaca loket sudah diketuk – ketuk berulang ulang.
“Niat saya mau konfirmasi pemberangkatan Bus tujuan Wonosobo yang tinggal 30 menit lagi berangkat sesuai yang tertulis di Tiket. Namun tidak terlihat ada tanda Bus mau diberangkatkan. Sehingga saya bermaksud konfirmasi. Selain itu tulisan tujuan Bus yang tercantum di kendaraan Bus tersebut bukan tujuan sebagaimana yang tercantum di tiket saya yaitu Wonosobo, tetapi di Bus tertulis Cilacap, makanya saya bermaksud konfirmasi. Namun sayangnya saya dicuekin. Terkesan saya bukan orang yang perlu untuk bertanya,” jelas wartawan sorotnews.co.id.
Dengan perasaan kesal dan kecewa wartawan sorotnews.co.id meninggalkan loket dan menghampiri petugas Dishub yang kebetulan sedang menuju kearah loket tersebut. Namun sayangnya pengaduan itu tidak diinisiasi juga untuk mengalirkan suasana hati yang kesal dan kecewa tadi. Terlihat cuek juga.
“Dengan perasaan kesal dan kecewa atas pelayanan petugas penjual Tiket dan petugas Dishub tadi, sayapun menuju kendaraan Bus untuk menunggu saja,” ungkapnya.
Semoga kedepan tidak ada lagi oknum petugas seperti diatas. Semoga Pimpinan dari oknum petugas tersebut segera mengambil tindakan agar pelayanan sesuai SOP dilapangan selalu diperhatikan.