Aneh, Kontraktor Selesaikan Cor Jalan Hanya Dua Malam Padahal Masa Pelaksanaan 60 Hari Kerja

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Slamet. 

PEKALONGAN, JATENG – Pelebaran jalan di ruas Bligo – Watussalam menggunakan konstruksi cor beton selesai hanya dalam waktu dua hari. Pengecoran satu sisi jalan sepanjang kurang lebih 530 meter, lebar 0,9 meter hingga 1 meter tersebut disorot masyarakat.

“Saya kaget saat melintas dilokasi pada Sabtu sore pengerjaan lantai cor masih sekitar 50 meteran. Namun pada Senin pagi pelebaran jalan sudah 100 persen selesai,” ungkap Agus Subekti, pegiat LSM GMBI, Rabu (28/9/2023).

Agus mengatakan pengerjaan cor selesai dalam waktu dua hari tidaklah wajar karena lantai cor yang masih berumur satu hari diduga belum kering sudah langsung ditimpa pengerjaan cor utama yakni rabat beton.

Ia pun mempertanyakan keseriusan pekerjaan tersebut lantaran tahapan yang dilalui terkesan buru-buru dan asal jadi sehingga mengabaikan kualitas cor yang seharusnya menunggu kering atau keras baru dilakukan rabat beton.

“Saya ingatkan pembangunan ini didanai oleh uang negara sehingga jangan pernah main-main pengerjaannya,” ujarnya.

Kepala Bidang Binamarga, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPU Taru) Kabupaten Pekalongan, M Faruq saat ditemui menjelaskan bahwa lantai kerja langsung ditimpa beton utama tidak menjadi persoalan.

“Mau satu jam maupun satu hari langsung ditutup cor utama atau dibeton tidak masalah. Lantai kerja itu cuman untuk meratakan saja sehingga tidak berakibat fatal pada struktur beton di atasnya,” papar Faruq dalam penjelasannya.

Faruq juga menilai pekerjaan cor semudah itu tidak memerlukan konsultan pengawas karena sudah langsung diawasi oleh UPT. Jadi tidak butuh konsultan pengawas.

“Nanti kita bayar sesuai dengan hasil uji karena saya belum melihat gambarnya dan lihat hasil ujinya. Untuk yang atas kayaknya Fc 20 (K250) dan lantai kerjanya B nol (K100),” bebernya.

Informasi tambahan yang didapat dari lokasi seperti yang terlihat di papan proyek menyebutkan,
Kegiatan : Rehabilitasi Jalan
Pekerjaan : Rehabilitasi Jalan Pelebaran Jalan Bligo – Watusalam
Nomor SPK : 02/SPK/PL-45/PPK/V/2023 Tanggal 9 Mei 2023
Masa Pelaksanaan : 60 (hari kalender) 9 Mei 2023 s/d 7 Juli 2023
Nilai Pekerjaan : Rp 194.590.000
CV. Azzura Maheswari

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *