Sekda Zen Apresiasi Produk UMKM Kab. Tasikmalaya Masuk ke Ritel Modern

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Andri/Kominfo.

KAB. TASIKMALAYA, JABAR – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen mengapresiasi kegiatan Pelatihan Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan kurasi produk lokal yang digelar Alfamart dalam rangka ikut serta membangun perekonomian masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.

Bacaan Lainnya

Melalui kegiatan yang digelar di kantor Setda Kabupaten Tasikmalaya itu, puluhan produk UMKM asal Kabupaten Tasikmalaya kini siap masuk ke ritel modern, salah satunya minimarket Alfamart. Dalam Kerja sama ini, pelaku usaha UMKM diberikan fasilitas untuk dapat menjual produknya di gerai-gerai Alfamart yang ada di wilayah Kabupaten Tasikmalaya.

“Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan sehingga akan terus bertambah produk lokal UMKM Kabupaten Tasikmalaya yang masuk Alfamart, bahkan tidak menutup kemungkinan dapat dijual di gerai Alfamart diluar wilayah Tasikmalaya,” ungkap Mohamad Zen, Rabu (20/3/2024).

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tasikmalaya, Endang Syahrudin mengatakan, bahwa produk UMKM yang mengikuti kurasi merupakan usaha lokal yang dibina oleh Dinas dan sudah dipastikan memenuhi persyaratan perizinan seperti PIRT dan Halal.

“Dinas berkomitmen untuk terus mendampingi para pelaku UMKM agar bisa naik kelas, salah satunya memfasilitasi melalui kerja sama dengan berbagai pihak agar bisa mendorong pemasaran produk UMKM, sehingga bisa dinikmati oleh masyarakat luas,” papar Endang.

Endang pun optimis bahwa produk lokal Kabupaten Tasikmalaya memiliki potensi jual yang bagus, hanya saja terkendala pemasaran.

“Oleh karena kegiatan kurasi yang dilaksanakan bekerja sama dengan sektor swasta, salah satunya dengan Alfamart merupakan salah satu langkah memperluas pemasaran produk UMKM Kab. Tasikmalaya,” ujar Endang.

Selain kurasi produk, dalam kegiatan Pelatihan Pemberdayaan UMKM ini para pelaku UMKM juga diajak untuk mengenal karakteristik produk sesuai dengan bentuk ritel modern. Hal ini nantinya akan berkaitan dengan kemasan produk dan gramasi produk, karena ritel modern memiliki karakteristik masing-masing, antara supermarket dan minimarket mempunyai perbedaan.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *