Pelestarian Budaya, Team Paguyuban RW 01 Sumur Welut Lakarsantri Surabaya, Lakukan Ritual Sedekah Bumi Agenda Tahunan

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Sanusi. 

SURABAYA, JATIM – Elfan Danu berserta staf melestarikan budaya seni yang sejak dahulu ada di tanah Jawa ini. Warga RW 01 miputi RT 01 – RT 07 sumur welut, warga melangsungkan acara Sedekah Bumi pada Sabtu (7/9/2024) pagi.

Elfan menyampaikan, “sebagai generasi penerus harus bisa menjaga dan melestarikan adat-istiadat dan budaya yang ditinggalkan oleh nenek moyang kita. Istilahnya makna dari arti meruwat desa yakni sama saja meruwat budaya leluhur alam semesta di tempat tinggal kita,” jelas Elfan.

Di dalam acara Sedekah Bumi, arak-arakan warga yang berpartisipasi sangatlah meriah, banyak warga yang mengikuti dengan berbagai kostum, kostum yang digunakan beragam dan beragam patung ogoh-ogoh.

Warga RT 01 sampai dengan RT 07 ini juga melestarikan cagar budaya Punden Dewi Larasati (Mbah Denok). mengungkapkan, punden adalah pendiri atau yang mengawali babat alas Desa tersebut. bpk suwarno selaku RW 01 sumur welut dengan bangga bersama warga guyup rukun melestarikan budaya leluhurnya.

“Harapan warga Sumur Welut dengan adanya acara ini bisa saling menghormati, menghargai dan bergotong royong supaya tempat yang kita tinggal tidak ada halangan dan rintangan apapun,” ungkap Elfan.

“Tujuan kami adalah merupakan rasa syukur warga atas nikmat yang dilimpahkan Gusti Allah agar menerima dan menyisihkan dari sebagian rezeki yang diberikan itu dari bumi yang berpijak. Ini wujud syukur,” tutup Elfan.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *