Elektabilitas Paslon GABRIEL – LUKMAN Dipastikan Unggul Dalam Pilkada Papua Barat Daya 1 Putaran

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Oriyen Suebu.

SORONG, PAPUA BARAT DAYA – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Daya. Gabriel – Lukman (GAUL), dipastikan bakal memenangkan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) Provinsi Papua Barat Daya 1 putaran. Mantan Bupati Tambrauw dua periode ini memiliki elektabilitas diatas rata rata dari semua Pasangan Calon, sehingga tak heran, jika dipastikan Pasangan GAUL akan meraih suara penuh dalam Pilkada Provinsi Papua Barat Daya, Minggu (08/09/2024).

Sementara itu, salah satu Lembaga Survey Nasional ternama di Indonesia Indopol telah merilis hasil survey elektabilitas Bakal Calon Gubernur Provinsi Papua Barat Daya yang dilakukan pada tanggal 18 – 27 Juli 2024. Dari hasil survey tersebut, dengan simulasi 9 nama Calon Gubernur, posisi pertama adalah Lambertus Jitmau sebesar 24,64%, sedangkan pada Gabriel Asem berada pada posisi kedua yakni sebesar 20,18%.

Seperti diketahui bersama, Lambertus Jitmau gagal maju sebagai calon Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, setelah Partai Golkar mengalihkan dukungannya kepada Bernard Sagrim, sedangkan Gabriel Asem – Lukman Wugaje, melalui perjuangan yang panjang dan berat akhirnya tertolong oleh Keputusan MK No.60/PUU-XXII/2024 berhasil lolos dan memenuhi syarat pencalonan gubernur dengan mendapatkan dukungan dari Partai PERINDO, Partai HANURA, dan Partai GELORA.

Dengan demikian, maka berdasarkan hasil survey Indo Barometer dan Indopol, dari beberapa pasangan calon Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Gabriel Asem – Lukman Wugaje tidak tersaingi oleh pasangan calon yang bakal berlaga dalam Pilkada pada november mendatang.

Dari hasil survey Indopol dengan simulasi head to head atau hanya ada 2 pasangan calon, maka tidak satupun calon yang mampu menyaingi elektabilitas Gabriel Asem – Lukman Wugaje sebagaimana yang nampak pada grafik elektabilitas di atas.

Dengan demikian maka posisi pasangan Gabriel Asem – Lukman Wugaje semakin mantap dan kokoh untuk memenangkan Pilkada Provinsi Papua Barat Daya 2024 dalam 1 putaran.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *