KKP Bangun Pabrik Tepung HPI di Kota Pekalongan, Tahun Depan Produksi

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Toni. 

KOTA PEKALONGAN, JATENG – Pabrik tepung berbahan baku ikan bakal dibangun di kawasan Technopark Perikanan Kota Pekalongan. Pabrik baru itu nantinya akan memproduksi Hidrolisat Protein Ikan (HPI) yang digunakan untuk tambahan nutrisi produk susu terutama ikan.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Pekalongan, Sugiyo membebarkan pabrik penghasil HPI tersebut bakal berdiri di kawasan Technopark Perikanan dengan luas lahan yang dipersiapkan mencapai 1000 meret persegi.

“Sudah kami siapkan lahannya seluas 1000 meter untuk bangunan, sedangkan pengembangan lahannya juga sudah disiapkan seluas lima ribu meter persegi,” ungkapnya, Jum’at (27/9/2024).

Ia mengatakan pabrik tepung HPI merupakan program dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) 2024 di Kota Pekalongan. Unit pengolahan ikan bernilai tambah itu untuk memenuhi kebutuhan protein tinggi di masyarakat.

Lokasi pembangunan pabrik tepung HPI berada di belakang gedung tenant di kompleks Technopark Perikanan. Keberadaan pabrik tepung HPI nantinya juga turut melengkapi fasilitas pengolahan ikan yang sudah dimiliki oleh technopark.

“Produk utama yang dihasilkan oleh pabrik HPI selain tepung ikan adalah food grade berikut produk turunannya seperti coolies atau kue,” katanya.

Sugiyo menyebut pemenang lelang pembangunan pabrik tepung HPI sudah ada. Pihaknya menargetkan akhir tahun ini proses pembangunan pabrik sudah rampung dan sudah bisa berproduksi.

Ia berharap keberadaan pabrik tepung HPI di kawasan Technopark Perikanan selain untuk pemenuhan nutrisi juga mendukung peningkatan gizi masyaralat khususnya anak-anak serta menstimulasi kebangkitan perikanan Kota Pekalongan.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *