Kolaborasi Pemberdayaan Masyarakat, PRTTG-BRIN Kunjungi DAHANA

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Arya. 

SUBANG, JABAR – Pusat Riset Teknologi Tepat Guna Badan Riset dan Inovasi Nasional (PRTTG-BRIN) Subang mengunjungi PT DAHANA dalam rangka membahas Kerjasama Riset dan Inovasi Sorgum untuk Pemberdayaan Masyarakat Penyangga Kawasan Industri DAHANA Subang.

Turut hadir dalam kunjungan ini dari Politeknik Negeri Subang dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja (STIESA) Subang. SM Legal & Komunikasi Perusahaan DAHANA Juli Jajuli menyambut hangat di Kampus DAHANA, Subang, Jawa Barat, pada Rabu (2/10/2024).

Dalam sambutannya, Juli Jajuli menyampaikan bahwa pihak DAHANA menyambut baik rencana kolaborasi BRIN beserta perguruan tinggi untuk pemberdayaan masyarakat sekitar. Menurutnya, kolaborasi pemberdayaan masyarakat sesuai dengan semangat perusahaan untuk tumbuh, maju, dan berkembang bersama masyarakat sekitar perusahaan.

“Sebagai perusahaan yang memiliki komitmen untuk maju, tumbuh, dan berkembang bersama masyarakat sekitar, kami menyambut baik kolaborasi dengan BRIN dan Perguruan Tinggi yang ada di Subang. Semoga ini menjadi langkah kita bersama untuk mengembangkan pengetahuan, sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat,” ujar Juli Jajuli.

Sorgum merupakan tanaman biji-bijian yang kaya akan nutrisi seperti kabohidrat, protein, dan serat, serta mengandung zat besi, magnesium dan vitamin B. Tanaman yang berasal dari Afrika Timur ini juga terkenal karena daya tahannya terhadap kekeringan dan cepat beradaptasi dengan berbagai kondisi tanah.

Pada pembahasan kerjasama riset dan inovasi Sorgum, Rencananya BRIN akan memberikan teknologi dan pendampingan dari benih, cara tanam, hingga proses pasca tanam. Sementara DAHANA, akan menyediakan lahan perusahaan sebagai tempat masyarakat mengembangkan tanaman Sorgum.

Kolaborasi antara DAHANA, BRIN dan perguruan tinggi ini diharapkan dapat membantu penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, sekaligus menawarkan pangan alternatif yang memiliki gizi dan nutrisi yang baik.

“Untuk diketahui Pak, sebelumnya kami juga melakukan kolaborasi memanfaatkan lahan hutan DAHANA bersama dengan Kelompok Tani Hutan milik masyarakat sekitar, dan berhasil menanam berbagai jenis tanaman. Semoga begitu juga kolaborasi dengan BRIN, mudah-mudahan masyarakat semakin terbantu,” pungkas Juli Jajuli.

Sebelumnya, PT DAHANA dan BRIN sukses mengembangkan mesin pemusnah sampah yang turut melibatkan generasi muda dari SMKN Cibogo. Kolaborasi tersebut turut bersumbangsih terhadap pengurangan sampah di Kabupaten Subang.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *