Peringati HBN 2024, Direksi DAHANA Turut Berpartisipasi di Acara Batik Fun Run & Walk 5K

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Arya. 

JAKARTA – Direktur Utama DAHANA Syaifuddin didampingi oleh Direktur Teknologi dan Pengembangan Suhendra Yusuf RPN bersama dengan Direktur Bisnis & Kerjasama DEFEND ID Wahyu Sofiadi turut berpartisipasi dalam acara Batik Fun Run & Walk 5K yang diselenggarakan di Jakarta, Minggu (6/10/2024).

Acara Batik Fun & Walk 5K merupakan puncak acara peringatan Hari Batik Nasional (HBN) 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) bersama dengan Yayasan Batik Indonesia (YBI). Rute lari dimulai dari Pintu 6 Gelora Bung Karno, dan finish di area Plaza Sudirman.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan, kegiatan Fun Run & Walk 5K merupakan salah satu upaya pemerintah dalam melestarikan batik sebagai budaya Indonesia. Acara ini juga menerangkan bahwa batik dapat digunakan dalam berbagai kegiatan selain acara-acara formal.

“Kita lihat juga bahwa batik tidak hanya terbatas untuk kegiatan-kegiatan kantor, resmi, kita juga bisa melakukan kegiatan yang tidak resmi, santai dengan menggunakan pakaian yang bermotif batik,” tutur Agus, dalam acara Batik Fun Run and Walk 5K.

Sementara itu, Dirut DAHANA menuturkan, batik merupakan warisan leluhur yang semestinya dijaga dan dilestarikan. Selain sebagai simbol kebudayaan agung milik bangsa Indonesia, setiap corak pada kain batik memiliki makna, cerita, dan nilai filosofis yang mendalam. Oleh sebab itu, pihaknya sangat bahagia dapat turut terlibat dalam acara peringatan Hari Batik Nasional (HBN) 2024.

Sebagai bagian dari keluarga besar BUMN, DAHANA memiliki komitmen untuk terlibat dalam memelihara budaya bangsa seperti batik. Bagi DAHANA, batik memiliki nilai yang sangat strategis bagi Indonesia, baik nilai seni, sejarah, filosofis, hingga nilai ekonomi.

“Kami sangat bangga dan bahagia dapat turut terlibat dalam peringatan Hari Batik Nasional (HBN) 2024. Kegiatan ini sangat bermanfaat, selain mewarisi kreativitas leluhur bangsa yang disimbolkan pada kain batik, acara juga dikemas dengan sangat menarik, sehingga dapat menarik kalangan anak muda sebagai pewaris budaya Indonesia selanjutnya,” ujar Syaifuddin.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *