Melalui Indibiz, Telkom Hadirkan Inovasi AI untuk Percepat Transformasi Digital UMKM

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Arya. 

JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berinovasi dalam mendukung transformasi digital, khususnya bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Melalui ekosistem solusi digital Indibiz, Telkom menghadirkan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang dirancang untuk membantu pelaku usaha melakukan lompatan bisnis dan meningkatkan daya saing di era digital.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengungkapkan bahwa pemanfaatan AI dapat membuka peluang besar bagi bisnis, termasuk bagi UMKM yang ingin menjangkau pasar lebih luas tanpa terkendala lokasi geografis.

“Sebagai contoh, UMKM di daerah terpencil seperti Kalimantan yang ingin menjangkau pasar Jakarta tidak perlu merekrut manajer produk secara fisik. Dengan AI, mereka dapat mengakses teknologi yang membantu memenuhi kebutuhan bisnis mereka tanpa hambatan geografis,” ujar Ririek dalam acara Indonesia Data dan Economic Conference (IDE 2025) yang digelar di Jakarta, Selasa (18/2).

Meskipun AI memiliki potensi besar, Ririek menilai bahwa pemanfaatannya saat ini masih belum optimal karena banyak organisasi yang belum siap mengimplementasikannya. Salah satu tantangan utama adalah kurangnya kesiapan sumber daya manusia (SDM), di mana permintaan akan tenaga ahli AI lebih tinggi dibandingkan ketersediaannya.

Menjawab tantangan tersebut, Telkom melalui Indibiz tengah mengembangkan berbagai solusi digital berbasis AI yang dirancang khusus untuk membantu small and medium enterprise (SME) dalam melakukan transformasi digital. Beberapa fitur unggulan yang dikembangkan antara lain:

– AI Chatbot untuk Customer Management System (CRM)

– Chatbot Apps untuk Customer Service

– AI Document Processing untuk Big Data Analytics dan Inventory Management System

– AI untuk Recruitment dan Pengelolaan SDM

Dengan hadirnya solusi ini, pelaku usaha dapat meningkatkan efisiensi operasional, mengurangi biaya tenaga kerja, dan memberikan layanan pelanggan yang lebih baik.

Ririek menambahkan bahwa optimalisasi AI, bersamaan dengan pengembangan infrastruktur teknologi informasi, berpotensi mendorong pertumbuhan ekonomi hingga 8%, sesuai dengan target yang telah ditetapkan oleh Presiden RI Prabowo Subianto.

Menjawab kebutuhan ini, Telkom melalui Indibiz berkomitmen untuk memperluas akses AI bagi segmen SME agar dapat lebih mudah mengadopsi teknologi digital dalam operasional bisnis mereka.

“Di tahap awal, kami sudah memetakan AI akan diimplementasikan pada pelanggan segmen medium untuk merasakan langsung produk terbaru ini. Jumlah penggunaan produk AI dalam waktu dekat juga akan meningkat hingga ke segmen usaha kecil,” ujar OVP Enterprise Marketing & Regional Management Telkom, Reni Yustiani.

Beberapa pelanggan di segmen medium telah merasakan manfaat dari solusi AI yang ditawarkan Telkom melalui Indibiz. Implementasi teknologi ini tidak hanya akan diterapkan di sektor swasta, tetapi juga diperluas ke segmen usaha kecil agar manfaatnya bisa dirasakan lebih luas.

Dengan berbagai pilihan paket layanan AI yang terjangkau dan mudah diakses, Telkom berharap inovasi ini dapat membantu UMKM di berbagai daerah di Indonesia meningkatkan daya saing, memperluas pasar, serta mengoptimalkan operasional bisnis mereka.**

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *