Plt Kadis Kesehatan : 250 Orang Anak Mendapatkan Tetes Polio di Tapanuli Selatan

Laporan wartawan sorotnews.co.id : M. Suryadi. 

TAPSEL, SUMUT – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) melalui Dinas Kesehatan melaksanakan kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang dilaksanakan di Kelurahan Aek Pining kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan, Senin (13/2/2023).

Dr. Rudy Harahap, selaku Plt. Kepala Dinas Kesehatan memberikan kejelasan bahwa kegiatan ini dilakukan berdasarkan SK Kemenkes RI No. SR.02.06/Menkes/32/2023 tanggal 20 Januari 2023 tentang Pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional dalam rangka penanggulangan KLB Polio serentak se-Provinsi Sumut.

“Seluruh kabupaten/kota se-Sumut agar melakukan PIN Polio di seluruh Puskesmas, Posyandu, Sekolah, dan Pos Imunisasi mulai Februari 2023. Di Tapsel tersedia tetes polio sejak tanggal 13-19 Februari 2023,” jelas Rudy.

Plt. Kadis kesehatan menyebutkan bahwa jumlah anak-anak yang dilakukan tetes polio di Kelurahan Aek Pining sebanyak 250 orang, dengan pengawasan Satuan Tugas (satgas) stunting Tapanuli Selatan.

Terpisah, Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu yang juga hadir sekaligus membuka acara Sub PIN Polio ini menegaskan bahwa program tersebut merupakan program Kementerian Kesehatan RI dan cara yang dilakukan dengan dilakukan tetes polio untuk mencegah penyakit menular bagi anak Indonesia.

“Polio merupakan penyakit menular yang bisa menyebabkan kelumpuhan, cacat seumur hidup, bahkan kematian,” ucap Dolly.

Beliau juga menerangkan bahwa penularan virus terjadi melalui air dan makanan yang terkontaminasi dengan tinja yang mengandung virus polio.

“Untuk itu, Dolly berharap agar masyarakat yang sudah datang untuk menyampaikan informasi ini kepada yang lain agar berkenan hadir, kemudian bersama-sama mengajak para orang tua dan anaknya untuk melakukan tetes polio,” kata Dolly

Turut serta hadir dalam kegiatan ini Kadis Pertanian, Kadis PUPR, Kadis Ketapang, Kadis Perkim, Kadis PMD, Ka Bappeda, Kadis PP&KB, Plt Kadis PP&PA, Sekretaris Sosial, Sekretaris Perikanan, Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan Batang Toru, Kapus Batang Toru, dan PT Agincourt Resources.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *