SMA Negeri 1 Amurang Miliki Program Unggulan Website Cyber Sekolah

Laporan wartawan  sorotnews.co.id : Ferry Laser. 

AMURANG, SULUT – Pasca SMA Negeri 1 Amurang di pimpin sosok Kepala Sekolah (Kepsek) yang kreatif dan inovatif Swingly S. Y. Liow S.Pd, secara konkrit melaksanakan program unggulan dibidang Informasi Teknologi (IT) membuat website cyber sekolah demi menyesuaikan lajunya perkembangan teknologi agar hasilnya bisa dinikmati seluruh siswa dan tenaga pengajar di lingkup sekolah pasalnya, sebanyak 204 sekolah tingkat menengah atas berstatus Negeri, Swasta dan SLB (Sekolah Luar Biasa) di wilayah Provinsi Sulut, hanya SMA Negeri 1 Amurang pemilik Website Cyber sekolah.

Hal ini diakui langsung Kepsek Swingly Liow dihadapan Jurnalis Pendidikan Kamis (15/8/2024) di ruang kerjanya.

Dikatakan Liow, dari sekian banyak sekolah tingkat menengah atas di wilayah Provinsi Sulut sekolah mereka satu’satunya pemilik program unggulan Website Cyber sekolah.

Lanjut Liow, program ini murni muncul dari hasil kreatif para siswa dan disambut positip para tenaga pengajar dengan membuat Website Cyber sekolah.

“Program unggulan ini mungkin satu-satunya diterapkan di sekolah menengah atas di Provinsi Sulut sebab di zaman era digital menjadi ancaman para kaum muda termasuk pelajar dalam dunia maya,” tegas Swingly Liow.

“Lebih jauh disebutkannya, program Website Cyber sekolah ini melibatkan 10 siswa yang piawai dibidangnya, namun mereka dipandu oleh guru2 mata pelajaran Informasi Teknologi (IT),” ujarnya.

Kemudian katanya lagi, program ini juga bertujuan mengamankan informasi sekolah di dunia maya, seperti contoh upaya jangan sampai akun pribadi dibobol hacker.

“Makanya siswa wajib mengamankan akun pribadi untuk menghindari para oknum tak bertanggungjawab bertujuan memanfaatkan akun orang lain dalam perbuatan negatif,” katanya.

“Tapi siswa tidak diajarkan bagaimana cara menjadi hacker, itu tidak diperkenankan karena website cyber sekolah digunakan untuk kepentingan hal-,hal yang positip,” sambungnya lagi.

Seperti kita ketahui bersama, menyangkut teknologi informasi dalam dunia pendidikan, manfaat revolusi informasi telah mengubah sistem komunikasi dunia dewasa ini, sebaran jaringan informasi yang tersimpan dalam internet telah membuktikan, kini dunia kian sempit, tidak ada lagi batas-batas geografis yang menghalangi kita untuk berinteraksi dengan dunia global. Akses ke dunia global pun menjadi sangat mudah, efisien, dan fleksibel termasuk cyber crime.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *