Aksi Pesawat TNI Hasil Produksi & Kiriman PTDI di Perayaan HUT Ke-79 TNI

Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Arya. 

BANDUNG, JABAR – Humas PTDI dalam rangka puncak perayaan HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang jatuh pada tanggal 05 Oktober 2024, beragam jenis pesawat hasil produksi PT Dirgantara Indonesia (PTDI) yang telah dikirimkan untuk end user di lingkungan TNI AU, TNI AL dan TNI AD akan melakukan Demo Udara dan Fly Past di Monumen Nasional (Monas), Jakarta.

Beberapa produk PTDI tersebut diantaranya adalah pesawat CN235 dan NC212i, serta produk kolaborasi pesawat CN295, helikopter H225M, NAS332 C1+, AS565 MBe Panther, AS550 Fennec, Bell 412 dan BO-105, yang telah berkontribusi signifikan dalam mendukung berbagai operasi TNI sejak dikirimkannya produk unit pertama pada tahun 1988.

Peran pesawat dan helikopter PTDI dalam operasi TNI

Beragam macam produk pesawat dan helikopter yang dikirimkan PTDI kepada TNI memiliki beberapa peran penting dalam mendukung misi TNI, diantaranya :

1. Pengawasan Wilayah – pesawat yang dilengkapi dengan sistem pengawasan untuk mendukung misi TNI dalam memantau dan menjaga keamanan daratan, perairan, serta udara Indonesia.

2. Operasi Kemanusiaan – dalam situasi darurat pesawat-pesawat produksi PTDI dapat dioptimalkan operasinya untuk mendistribusikan bantuan, serta melakukan pencarian dan evakuasi korban bencana, memperkuat respons cepat TNI terhadap bencana alam.

3. Pelatihan & Kesiapan Operasional –mendukung kegiatah pelatihan personel TNI agar dapat mengoperasikan pesawat secara efektif.

Momentum HUT TNI merupakan kesempatan luar biasa bagi PTDI, dimana TNI akan mengadakan demonstrasi udara dengan pesawat-pesawat yang diproduksi dan dikirim oleh PTDI. Acara ini akan menunjukkan bagaimana kemampuan industri dan teknologi dirgantara Indonesia, yang dipadukan dengan keahlian para awak TNI dalam operasi. Ini juga menjadi representasi kontribusi PTDI dalam mendukung kebutuhan alat utama sistem senjata (Alutsista) dan fleet readiness TNI dalam menjaga kedaulatan negara serta keamanan wilayah Indonesia.

Produk-produk pesawat dan helikopter PTDI tersebut akan menjadi salah satu sorotan utama dalam acara puncak HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta, yang dapat menarik perhatian masyarakat dengan berbagai misinya, dimana helikopter H225M dan NAS332 C1+ milik TNI AU akan melakukan Fly Past dengan membawa giant flag Republik Indonesia.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *