Laporan wartawan sorotnews.co.id : Agus Arya.
JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) turut mensukseskan peluncuran fitur QRIS Tap, inovasi pembayaran digital berbasis Near Field Communication (NFC) yang diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI). Teknologi ini memungkinkan pengguna melakukan transaksi hanya dengan menempelkan ponsel mereka ke mesin pembaca, menghadirkan pengalaman pembayaran yang lebih cepat, mudah, dan efisien.
Saat ini, fitur QRIS Tap berbasis NFC sudah dapat dinikmati oleh pengguna aplikasi wondr by BNI yang menggunakan ponsel Android dengan dukungan NFC. Layanan ini telah tersedia untuk pembayaran di berbagai moda transportasi umum, seperti DAMRI, Royal Trans, dan MRT Jakarta.
Pengguna DAMRI dan Royal Trans bisa melakukan tap langsung di mesin pembaca pada pintu masuk bus.
Pengguna MRT Jakarta sementara ini hanya dapat menggunakan fitur QRIS Tap di stasiun Bundaran HI dan Lebak Bulus.
Selain untuk transportasi, QRIS Tap juga telah diterapkan di sejumlah rumah sakit, seperti RSUD Tarakan, RSCM Kencana, dan RSPAD Gatot Soebroto, memudahkan pasien dalam melakukan pembayaran layanan kesehatan.
Sejalan dengan rencana Bank Indonesia, layanan QRIS Tap ke depan akan diperluas ke lebih banyak merchant dan sektor, termasuk LRT Jabodebek, KRL, serta layanan transportasi JakLingko.
Peluncuran fitur QRIS Tap dilakukan dalam acara Showcase Live Experience pada Jumat, 14 Maret 2025, di MRT Bundaran HI. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi dan perwakilan industri keuangan, antara lain:
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, Menteri Perhubungan, Dudy Purwagandhi, Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo Manuhutu
Selain itu, hadir pula perwakilan dari seluruh Penyedia Jasa Pembayaran (First Mover), termasuk Direktur Digital dan Integrated Transaction Banking BNI, Hussein Paolo Kartadjoemena, serta SEVP IT BNI, Victor Korompis.
Direktur Digital dan Integrated Transaction Banking BNI, Hussein Paolo Kartadjoemena, menegaskan bahwa inovasi ini merupakan bentuk dukungan BNI dalam mempercepat transformasi digital sistem pembayaran di Indonesia.
“Inovasi ini adalah bentuk dukungan BNI sebagai salah satu First Mover QRIS Tap dalam menciptakan sistem pembayaran digital yang lebih mudah dan inklusif bagi masyarakat,” ujar Paolo dalam keterangan tertulisnya.
Peluncuran QRIS Tap juga merupakan bagian dari visi besar Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 yang dicanangkan Bank Indonesia untuk mendukung transformasi digital di sektor keuangan dan mendorong inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat.
Sebagai agent of development, BNI berkomitmen untuk terus berperan aktif dalam mendukung berbagai inisiatif digitalisasi sistem pembayaran nasional, sejalan dengan upaya meningkatkan kenyamanan dan efisiensi transaksi masyarakat di era digital.**